PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN KASCING TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

Rita, Huswatun Hasanah (2022) PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN KASCING TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rita Huswatun H_C1M016155.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk kandang ayam dan kascing serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill.). Percobaan ini dilakukan di areal persawahan pada ketinggian 187 mdpl, Dusun Orong Piter, Desa Sekarteja, Kecamatan Selong Lombok Timur pada bulan Februari-Juni 2020. Percobaan disusun menurut Rancangan Acak Kelompok dengan dua faktor yaitu dosis pupuk kandang ayam (A) yang terdiri atas 3 aras: 5 ton/ha (A1), 7,5 ton/ha dan 10 ton/ha, dosis pupuk kascing (B) terdiri atas 3 aras: 5 ton/ha, 10 ton/ha dan 15 ton/ha. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis ragam taraf 5 %, dan variabel yang berpengaruh nyata diuji lanjut dengan uji BNJ taraf 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Interaksi pupuk kandang ayam dan kascing berpengaruh tidak nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat. Pertumbuhan dan hasil tanaman tomat meningkat seiring dengan penambahan dosis pupuk kandang ayam hingga 10 ton/ha. dengan hasil tanaman tomat mencapai 61,2 ton/ha. Pertumbuhan dan hasil tanaman tomat meningkat seiring dengan penambahan dosis pupuk kascing hingga 15 ton/ha dengan hasil tanaman tomat mencapai 51,3 ton/ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Tomat, Pupuk Kandang ayam, Pupuk Kascing, Dosis
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:07
Last Modified: 16 Jun 2022 09:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29389

Actions (login required)

View Item View Item