ANALISIS USAHATANI DAN PEMASARAN KENTANG DI KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

RISNAWATI, RISNAWATI (2017) ANALISIS USAHATANI DAN PEMASARAN KENTANG DI KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RISNAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

: (1) Untuk mengetahui besarnya pendapatan usahatani kentang di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, (2) Untuk mengetahui saluran pemasaran kentang di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, (3) Untuk mengetahui efisiensi pemasaran kentang di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, (4) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam usahatani dan pemasaran kentang di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode yang bertujuan pada pemecahan masalah yang ada pada waktu sekarang dengan cara mengumpulkan data kemudian menyusun serta menginterpretasikan data, menetapkan hubungan dan kedudukan masing-masing variabel yang diteliti dan selanjutnya dianalisis dan menarik kesimpulan (Surakhmad, 1990). Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur pada 2017. Kecamatan Sembalun terdiri dari 6 desa dandari 6 desa tersebut dipilih satu desa sebagai daerah sampel secara “Purposive Sampling“ yaitu Desa Sembalun Lawang , atas dasar pertimbangan bahwa desa tersebut memiliki luas tanam kentang lebih luas dibandingkan desa-desa lain. Dari satu desa tersebut dipilih 3 kelompok tani secara purposive sampling atas pertimbangan luas lahan yang paling luas sehingga diperoleh Kelompok Tani Fajar Darma, Gumilang, dan Horsela.Responden dalam penelitian ini adalah petani yang melakukan usahatani kentang pada lahan tegalan di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Jumlah responden ditentukan secara proportional Incidental Sampling sebanyak 45 orang petani atau sekitar 11,5% dari jumlah populasi sebanyak 391 orang petani. Penentuan responden pedagang adalah lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran kentang dari produsen sampai ke konsumen akhir. Penentuan pedagang responden dilakukan dengan metode Snowball Sampling yaitu dengan cara menelusuri rantai pemasaran kentang di mulai dari responden petani hingga ke konsumen akhir. Hasil penelitian menunjukka

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Usahatani dan Pemasaran Kentang
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Apr 2018 02:09
Last Modified: 24 Apr 2018 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2939

Actions (login required)

View Item View Item