ANALISIS KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIK PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DI KELAS IX SMP NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

Caesarla, Elintang Yolawati (2022) ANALISIS KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIK PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DI KELAS IX SMP NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_CAESARLA ELINTANG YOLAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan investigasi matematik merupakan salah satu kemampuan yang perlu diasah pada setiap siswa untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir. Investigasi matematik memiliki 4 tahapan, yaitu pengkhususan, pendugaan, pembenaran, dan generalisasi. Tulisan ini mengkaji kemampuan investigasi matematik siswa berdasarkan tipe kepribadian extrovert dan introvert. Kajian ini dilakukan secara kualitatif pada siswa SMP Negeri 1 Mataram tahun ajaran 2021/2022 di kelas IX-F. Berdasarkan hasil tes investigasi matematik dan tipe kepribadian, 6 siswa terpilih sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkepribadian extrovert sigap, bebas, dan berpandangan atau berorientasi keluar ketika mengerjakan tes investigasi matematik, seperti langsung mengerjakan soal-soal secara cekatan dan mencoba ide-ide atau gagasannya. Oleh karena itu, siswa berkepribadian extrovert sebagian besar berhasil melalui 3 tahap investigasi, yaitu: pengkhususan, pendugaan, dan pembenaran. Siswa kepribadian introvert ketika mengerjakan investigasi matematik teliti, detail, fokus, dan berpikir secara mendalam, seperti mengecek jawaban dengan cara mengerjakan sekali lagi, lalu membaca ulang jawaban secara mendetail, dan fokus berpikir secara mendalam pada tahapan generalisasi. Oleh karena itu, siswa berkepribadian introvert sebagian besar berhasil melewati 3 tahapan investigasi matematik, yaitu pengkhususan (spesialisasi), pendugaan, dan pembenaran. Namun ada siswa introvert juga berhasil melalui tahap keempat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Investigasi Matematik, Kepribadian, Extrovert, dan Introvert.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:09
Last Modified: 23 Jun 2022 00:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29408

Actions (login required)

View Item View Item