PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 MATARAM

FARADILLA, NGESTI HABIBAH (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_FARADILLA NGESTI HABIBAH_E1A018025_PENDIDIKAN BIOLOGI 2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FARADILLA NGESTI HABIBAH Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning berbasis blended learning terhadap keterampilan siswa berpikir kritis peserta didik di SMAN 2 Mataram kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah test essay. Data dianalisis menggunakan uji-t, independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% dengan bantuan program SPSS 22 for Windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbasis Blended Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI di SMAN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Blended Learning, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:09
Last Modified: 23 Jun 2022 00:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29414

Actions (login required)

View Item View Item