PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN PHET UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK SMA

TIAS, AYU ASTITIN (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN PHET UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TIAS AYU ASTITIN (E1Q018070).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model anchored instruction berbantuan PhET yang layak, efektif, dan efisien untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model 4D, terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, instrumen tes penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah serta respon peserta didik terhadap model mengajar guru, LKPD dan instrumen tes. Data validitas diperoleh dari penilaian validator ahli dan validator praktisi terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan kemudian dianalisis menggunakan skala Likert. Data efektivitas perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil peningkatan nilai pretest dan posttest peserta didik yang hasilnya dianalisis menggunakan uji N-Gain. Sedangkan, data efisiensi perangkat pembelajaran diperoleh dari respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil validitas perangkat pembelajaran berdasarkan penilaian validator ahli dan validator praktisi memiliki nilai rata-rata persentase 83,3% sampai 94,7% dengan kategori cukup valid sampai sangat valid. Hasil analisis reliabilitas perangkat pembelajaran memiliki persentase 92,0% sampai 97,6% dengan kategori reliabel. Hasil rata-rata uji NGain untuk penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik diperoleh nilai sebesar 0,73 dan 0,67 dengan kategori peningkatan tinggi dan sedang. Hasil efisiensi perangkat pembelajaran dengan rata-rata nilai persentase respon yaitu 98,6% sampai 100% dengan kriteria sangat baik. Hasil respon peserta didik menunjukkan hal yang positif. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model anchored instruction berbantuan PhET layak, efektif dan efisien untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran, model anchored instruction, penguasaan konsep, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:09
Last Modified: 23 Jun 2022 00:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29432

Actions (login required)

View Item View Item