EFEKTIVITAS INITIATIVE FOR ASEAN INTEGRATION (IAI) WORK PLAN III TAHUN 2016-2020 DALAM UPAYA MENGURANGI KESENJANGAN PEMBANGUNAN DI ASEAN

Dwi, Agna Withri (2022) EFEKTIVITAS INITIATIVE FOR ASEAN INTEGRATION (IAI) WORK PLAN III TAHUN 2016-2020 DALAM UPAYA MENGURANGI KESENJANGAN PEMBANGUNAN DI ASEAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bismillah Skripsi Dwi Agna Withri_L1A018033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kesenjangan pembangunan menjadi masalah yang masih berusaha diselesaikan oleh negara-negara di ASEAN. Masalah tersebut membagi negara di ASEAN menjadi dua kelompok yang disebut sebagai ASEAN-6 dan CLMV. ASEAN-6 digolongkan sebagai negara dengan tingkat pembangunan ekonomi dan kualitas sumber daya manusia yang lebih memadai dibandingkan dengan CLMV. Sehingga ASEAN sebagai organisasi regional di kawasan Asia Tenggara berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu upaya yang dilakukannya disebut sebagai Initiative for ASEAN Integration (IAI). Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana efektivitas IAI khususnya IAI Work Plan III dalam upaya untuk meningkatkan pembangunan ekonomi dan sosial di CLMV agar dapat mengurangi kesenjangan pembangunan di ASEAN. Kerangka teori yang digunakan untuk membantu penulis mencapai tujuan penelitian adalah konsep pembangunan berkelanjutan dan konsep efektivitas rezim oleh Arild Underdal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IAI Work Plan III bernilai efektif meningkatkan pembangunan di CLMV namun masih belum cukup optimal karena tingkat kesenjangan pembangunan di ASEAN masih cukup lebar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kesenjangan Pembangunan, ASEAN, Initiative for ASEAN Integration (IAI)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:10
Last Modified: 23 Jun 2022 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29437

Actions (login required)

View Item View Item