PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JONGGAT TAHUN AJARAN 2021/2022

Heni, Damayanti (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JONGGAT TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi heni damayanti OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model problem based learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jonggat Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian yang merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non-Equivalen control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jonggat tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian sebanyak 61 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan tehnik cluster sampling. Pengumpulan data kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan setelah perlakuan menggunakan instrument tes.Hasil penelitiar mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kreatif yang memperoleh pembelajaran model PBL lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan gain uji-t. Hasil analisis data didapatkan tHitung =2,92 dan tTabel= 1,67 sehingga tHitung ..> tTabel maka H0 ditolak yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara kelas yang yang memperoleh pembelajaran model PBL dengan model pembelajaran langsung. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jonggat Tahun Ajaran 2021/2022. Besar pengaruh penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri Jonggat pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan rumus effect size (d) sebesar 2,02 yang artinya pengaruh yang diberikan memiliki kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Model Pembelajaran, Problem based Learning (PBL), kemampuan berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:10
Last Modified: 23 Jun 2022 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29438

Actions (login required)

View Item View Item