PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Harmaeni, Agustina Kasanova (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Harmaeni AK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model discovery learning pada materi elastisitas dan hukum hooke untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKPD, dan alat evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan desain penelitian pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, and Disseminate. Hasil penelitian validitas perangkat pembelajaran silabus, RPP, LKPD, alat evaluasi adalah 86,50%, 83,00%, 82,00%, dan 86,50%. Kepraktisan perangkat pembelajaran dapat dilihat dari persentase angket respon keterlaksanaan pembelajaran oleh peserta didik yaitu 94,55%. Untuk keefektifan perangkat pembelajaran dibuktikan dari peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik yang dihitung dengan persamaan N-Gain diperoleh hasil 0,70 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan dengan sedikit revisi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Discovery Learning, hasil belajar, validitas, kepraktisan, dan efektivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:10
Last Modified: 23 Jun 2022 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29447

Actions (login required)

View Item View Item