KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PADA MASA NEW NORMAL (STUDI KASUS TK ISLAM NURUL IMAN SEKARBELA) TAHUN 2021

AMBAR, SARAS HIDAYATI (2022) KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PADA MASA NEW NORMAL (STUDI KASUS TK ISLAM NURUL IMAN SEKARBELA) TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
AMBAR SARAS HIDAYATI REVISI TERBARU - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dari rumah sehingga dibutuhkan kerjasama orang tua dan guru. Tujuan penelitian yaitu mengetahui bentuk kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, model pembelajaran anak usia dini pada masa new normal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bentuk kerjasama orang tua dan guru yaitu kunjungan rumah. Perencanaan kunjungan rumah, mengelompokkan 3-5 anak, guru membuat jadwal kunjungan setiap kelompok. Setiap kelompok menerima kunjungan dua kali seminggu bergantian dari satu kelompok ke kelompok lain. Pelaksanaan kunjungan rumah, guru mendatangi rumah anak, kegiatan dimulai pukul 08.00-10.00. Pertemuan wali murid, perencanaan kegiatan, guru membuat surat undangan dan menginformasikan lewat group whatsapp kepada orang tua, menyiapkan ruangan pertemuan. Pelaksanaan kegiatan, guru menjelaskan prosedur KBM pada masa pandemi dan meminta masukan kepada orang tua agar tujuan pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara efektif. Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran di rumah. Perencanaan kegiatan, orang tua menyiapkan tempat belajar yang nyaman untuk anak, Pelaksanaan kegiatan, orang tua mendampingi anak belajar, memberikan kepercayaan dan tanggung jawab mengerjakan tugas. Bentuk penilaian yaitu hasil karya menggunakan ceklis dan lambang bintang. Pelaksanaan penilaian sesudah orang tua menyerahkan tugas yang di antar ke sekolah atau memotret tugas anak. Guru, kepala sekolah dan orang tua harus bekerjasama meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa new normal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kerjasama orang tua dan guru, kualitas pembelajaran, masa new normal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:10
Last Modified: 23 Jun 2022 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29448

Actions (login required)

View Item View Item