PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VI SDN 48 CAKRANEGARA

ALDI, ANUGRAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VI SDN 48 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALDI ANUGRAH FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas VI SDN 48 Cakranegara adalah guru sangat jarang menggunakan media pembelajaran, khususnya media pembelajaran yang berbau teknologi pada materi pembelajaran ASEAN. Peneltian bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana prosedur pembuatan media pembelajaran Wordwall 5berbasis game edukasi untuk siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Wordwall berbasis game edukasi untuk siswa kelas VI SD. Jenis penelitian ini yaitu Reseach and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analysis, 10design,development, dan implementation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran Wordwall berbasis game edukasi, kelayakan media pembelajaran 15Wordwall pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata presentase 86% dan ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan presentase 96%. Hasil uji coba kelompok kecil tahap I medapatkan kriteria sangat baik dengan rerata 96% dan tahap II mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata presentase 98%. Oleh 20karena itu media pembelajaran Wordwall berbasis game edukasi dapat digunakan untuk pembelajaran IPS di kelas VI SD.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : IPS, Media Pembelajaran, Wordwall, Game Edukasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:10
Last Modified: 23 Jun 2022 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29450

Actions (login required)

View Item View Item