KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA HIGH ORDER THINKING SKILLS BERDASARKAN LANGKAH POLYA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

ATIYAH, NASYIWA (2022) KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA HIGH ORDER THINKING SKILLS BERDASARKAN LANGKAH POLYA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRAYA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ATIYAH NASYIWA ( E1R116007 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika High Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan langkah Polya pada materi pola bilangan kelas VIII SMPN 2 Praya tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 30 siswa yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian siswa yang memiliki kategori kemampuan sangat baik dapat memenuhi setiap langkah Polya, siswa dengan kemampuan baik belum dapat memenuhi tahap keempat yaitu memeriksa kembali hasil yang diperoleh, dan siswa dengan kemampuan cukup belum dapat memenuhi tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Sedangkan siswa dengan kemampuan kurang belum dapat membuat rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh dan kemampuan sangat kurang tidak dapat memenuhi semua langkah Polya. Secara Keseluruhan rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika HOTS berdasarkan langkah Polya berada pada kategori kurang. Mayoritas siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, kesulitan membuat rencana dan melaksanakan rencana, keliru melakukan perhitungan, dan tidak mengetahui cara memeriksa kembali hasil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Langkah Polya. High Order Thinking, Pola Bilangan, High Order Thinking Skills (HOTS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:10
Last Modified: 23 Jun 2022 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29452

Actions (login required)

View Item View Item