PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SASTRA TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK KREATIVA TAHUN AJARAN 2019/2020

Sartini, Sartini (2022) PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SASTRA TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK KREATIVA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SARTINI (E1F015034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi bahwa sastra tradisional belum banyak diterapkan secara optimal sebagai media pendidikan dan pembelajaran dalam menumbuh-kembangkan kemampuan anak oleh lembaga sekolah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: mengetahui penerapan pembelajaran menggunakan sastra tradisional; kemampuan sosial-emosional; dan implikasi penerapan sastra tradisional pada pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak kelompok B di TK Kreativa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menerapkan model analisis interaktif yang dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data meliputi uji credibility dan dependability. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran sastra tradisional yang diterapkan di TK Kreativa menggunakan legenda, cerita binatang, dan dongeng terutama pada pijakan awal. Melalui langkah-langkah pembelajaran sastra yang telah dilakukan dapat memunculkan kemampuan sosial-emosional anak, yaitu: berani mengemukakan pendapat, mengekspresikan emosi sesuai dengan kondisi yang ada (antusias), mentaati aturan kelas (kegiatan, aturan), anak mampu mengatur diri sendiri, menghargai hak/pendapat orang lain, dan berani tampil di depan teman dan guru. Melalui cerita-cerita sastra yang telah dibacakan dapat memberikan dampak yang baik dan dapat menanamkan sosial-emosional anak. Jenis sastra lisan seperti puisi dan nyanyian rakyat perlu diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Sastra tradisional harus selalu digali dan digunakan sebagai materi pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Sastra Tradisional, Kemampuan Sosial-emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:10
Last Modified: 23 Jun 2022 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29459

Actions (login required)

View Item View Item