ANALISIS EFISIENSI EKONOMI USAHA BUDIDAYA PEMBESARAN DAN PEMASARAN LOBSTER MUTIARA (PANULIRUS ORNATUS) DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Fadlika, Ahmadi (2022) ANALISIS EFISIENSI EKONOMI USAHA BUDIDAYA PEMBESARAN DAN PEMASARAN LOBSTER MUTIARA (PANULIRUS ORNATUS) DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Fix_Fadlika Ahmadi_ C1G118122_Agribisnis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu daerah prioritas dalam pengembangan lobster mutiara sehingga mendapat perhatian pemerintah dengan telah dibangunnya kampung lobster di Kawasan Teluk Jukung sebagai pondasi pembangunan lobster estate di wilayah tersebut. Salah satu tujuan penting dalam pembangunan tersebut yaitu terciptanya informasi dan akses pasar yang terbuka bagi para pembudidaya sehingga tidak lagi menggantungkan harga lobster mutiara pada pedagang pengumpul (supplier). Konsep supply chain yang efisien perlu dilakukan untuk mengetahui distribusi komoditas lobster mutiara mulai dari produsen hingga konsumen yang dapat menghasilkan kepuasaan antar kedua belah pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran lobster mutiara di Kabupaten Lombok Timur serta menganalisis efisiensi saluran pemasaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis pemasaran lobster mutiara dilakukan menggunakan metode deskriptif sedangkan analisis efisiensi pemasaran dilakukan menggunakan share produsen dan marjin pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua macam saluran pemasaran lobster mutiara di Kabupaten Lombok Timur yaitu saluran pemasaran I yang dimulai dari pembudidaya yang menjual hasil budidaya lobster mutiara ke pedagang pengumpul kemudian dijual kembali ke pedagang besar (eksportir) untuk dilakukan ekspor ke negara tujuan. Selain itu terdapat saluran pemasaran II yang dimulai dari pembudidaya yang menjual hasil budidayanya langsung ke konsumen akhir yang terdapat di sekitar desa. Nilai share produsen pada saluran pemasaran I yaitu 89,49% dengan margin pemasaran sebesar Rp. 82.000 sedangkan nilai share produsen pada saluran pemasaran II yaitu 100% sehingga pemasaran lobster mutiara di Kabupaten Lombok Timur tergolong efisien karena memiliki nilai share produsen ≥60%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat dua saluran pemasaran lobster mutiara diKabupaten Lombok Timur yang dimana saluran pemasaran tersebut telah tergolong efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Efisiensi, Lobster Mutiara, Pemasaran, Saluran
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:10
Last Modified: 23 Jun 2022 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29462

Actions (login required)

View Item View Item