IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MORAL MELALUI PEMBELAJARAN KITABUL AKHLAQ LIL BANIN DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL ULUM JURIT LOMBOK TIMUR

Ida, Fauziah (2022) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MORAL MELALUI PEMBELAJARAN KITABUL AKHLAQ LIL BANIN DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL ULUM JURIT LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-IDA FAUZIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Kitabul Akhlaq Lil Banin merupakan proses implementasi nilai-nilai moral kepada santri-santriwati yang belajar di pondok pesantren Mamba’ul Ulum Jurit Lombok Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai moral melalui pembelajaran Kitabul Akhlaq Lil Banin yang dilihat dari beberapa faktor. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kitabul Akhlaq Lil Banin mengandung nilai-nilai moral khususnya nilai toleransi, disiplin dan tanggung jawab, yang dalam pembelajarannya menggunakan metode bandongan atau wetonan. Implementasi pembelajaran Kitabul Akhlaq Lil Banin berdampak pada perilaku santri-santriwati. Pelaksanaan pembelajaran ini juga mengandung kelebihan dan kekurangan yang ditinjau dari tiga faktor yaitu ustadz, santrisantriwati dan sarana-prasarana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembelajaran, Kitabul Akhlaq Lil Banin, Nilai-Nilai Moral
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:10
Last Modified: 23 Jun 2022 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29463

Actions (login required)

View Item View Item