PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X

SUQIA, HIDAYATIN (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUQIA HIDAYATIN E1Q015068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning fisika yang layak untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika materi Momentum dan Impuls kelas X. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), bahan ajar, media pembelajaran dan instrumen tes penguasaan konsep. Kelayakan ditinjau dari hasil validasi oleh 6 validator yang terdiri dari 3 validator ahli dan 3 validator praktisi. Instrumen penelitian terdiri atas silabus, RPP, LKPD, bahan ajar, media pembelajaran, instrumen tes penguasaan konsep dan lembar validasi. Teknik analisis data terdiri atas analisis validitas dan analisis reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran layak (persentase validitas mencapai 84,7% dengan kriteria valid, dan reliabilitas mencapai >75% dengan kriteria reliabel). Kesimpulannya yaitu telah dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang layak untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika materi momentum dan impuls kelas X .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : pengembangan perangkat pembelajaran, model pembelajaran berbasis Problem Based Learning, penguasaan konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:11
Last Modified: 23 Jun 2022 00:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29475

Actions (login required)

View Item View Item