IDENTIFIKASI PERMASALAHAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS II DI SDN GUGUS V CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nina, Suryani (2022) IDENTIFIKASI PERMASALAHAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS II DI SDN GUGUS V CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nina Suryani_D8sore_Proposal Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dunia saat ini dikejutkan dengan mewabahnya suatu penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus yang bernama corona atau dikenal dengan istilah Covid-19.Menanggapi fenomena tersebut, pemerintah segera mengambil kebijakan yang dituangkan dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) untuk mengatur jalannya proses belajar mengajar. Pembelajaran dilaksanakan dengan pembelajaran blanded learning.guru dituntut untuk mampu merancang pembelajaran yang simple dan sesuai dengan kondisi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar kesulitan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas 2 di SDN Gugus V Cakranegara tahun pelajaran 2021/2022 sehingga dapat mengatahui permasalahan yang paling tinggi dihadapi oleh guru berdasarkan komponen pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan angket.Analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas kesulitan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan di SDN Gugus V Cakranegara tahun pelajaran 2021/2022 termasuk dalam kategori sedang sebanyak 9 orang guru dengan presentase 90% dan permasalahan paling tinggi dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan yaitu dalam menyampaikan materi dan memilih media yang tepat pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan sebanyak 4 orang dengan presentase 40%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Permasalahan Guru, Pelaksanaan Pembelajaran, Penjumlahan dan Pengurangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:11
Last Modified: 23 Jun 2022 00:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29502

Actions (login required)

View Item View Item