ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

Rini, Andriani (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RINI ANDRIANI (E1R017052).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah open ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas IX SMP Negeri 5 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi terdiri dari menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed methods. Penelitian mixed methods yaitu penelitian yang menggabungkan penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Pengambilan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dengan metode tes dilakukan terhadap 20 subjek. Sedangkan pengambilan data dengan metode wawancara dilakukan dengan memilih 6 siswa berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu 2 siswa pada kategori tinggi, 2 siswa pada kategori sedang dan 2 siswa pada kategori rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 15% siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 77,67, 45% siswa pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 62,97 dan 40% siswa pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 26,48. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IX SMP Negeri 5 Mataram berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 50,58. Pencapaian siswa kelas IX pada indikator menganalisis sebesar 60% yang berarti sebagian besar siswa telah mampu membagi informasi menjadi bagian kecil untuk mengetahui hubungan atau polanya. Sedangkan pada indikator mengevaluasi sebesar 47%yang berarti hanya sebagian kecil siswa yang mampu mengkritik atau memeriksa keputusan yang didapatkan. Lebih lanjut pada indikator menciptakan sebesar 47,5% yang berarti hanya sebagian kecil siswa yang mampu merancang suatu cara untuk menyelesaikan masalah dan memadukan informasi menjadi strategi yang tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Open Ended, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, HOTS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:11
Last Modified: 23 Jun 2022 00:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29504

Actions (login required)

View Item View Item