PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

IZZATUL, MUNA AULIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_IZZATUL MUNA AULIA (E1Q018035).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Empang Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih peserta didik kelas X IPA 2 sebanyak 27 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebanyak 26 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah tes uraian yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukuran soal. Hasil penelitian yang didapatkan berupa nilai rata-rata KPM yang diperoleh kedua kelas pada pre-test adalah kelas eksperimen sebesar 15,48 dan kelas kontrol sebesar 13, 38 dan nilai rata-rata KPM yang diperoleh kedua kelas pada post-test adalah kelas eksperimen sebesar 88,81 dan kelas kontrol sebesar 80,73. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data post-test terdistribusi normal dan homogen. Data KPM dianalisis menggunakan uji-t sehingga diperoleh nilai sebesar 3,15. Nilai pada taraf signifikan 5% sebesar 2,007, maka lebih besar dari . Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Usaha dan Energi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:11
Last Modified: 23 Jun 2022 00:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29506

Actions (login required)

View Item View Item