PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VI DI SDN 48 CAKRANEGARA

Azizah, Amini (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VI DI SDN 48 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX_AZIZAH AMINI_E1E218024_8ASORE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kotak kartu misterius (kokami) terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VI di SDN 48 Cakranegara. Manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai bahan pengembangan keilmuan bagi peneliti lain yang akan meneliti hal serupa mengenai pengaruh media pembelajaran kokami terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VI SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 48 Cakranegara. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Analisis data menggunakan SPSS untuk melakukan uji homogenitas, uji hipotesis, serta uji normalitas. Penelitian ini dilakukan untuk menyempurnakan penelitian sebelumnya terkait dengan media KOKAMI. Hasil pada penelitian kuantitatif ini adalah pengaruh media pembelajaran KOKAMI. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikasi (sig.) sebesar 0.488 > 0.05 yang menandakan data homogen, sedangkan pada uji normalitas Kolmogorov-Smirnov diperoleh siginifikansi sebesar 0,2 > 0,05 sedangkan pada uji Shapiro-Wilk sebesar 0,071 > 0,05 yang menandakan data terdristribusi normal, sedangkan pada uji hipotesis diperoleh signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 yang menandakan ada pengaruh media kokami terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media kokami berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VI di SDN 48 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Media Kokami, Keterampilan Menulis, Teks Fabel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:12
Last Modified: 23 Jun 2022 00:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29522

Actions (login required)

View Item View Item