PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI 1 SELONG

RISA, FEBRIANA PUTRI (2022) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI 1 SELONG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RISA FEBRIANA PUTRI_E1E017117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Menjadi guru disekolah inklusi tentu akan berbeda tantangannya dengan mengajar disekolah biasa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang problematika yang dihadapi guru dalam mengajar anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SDN 1 Selong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif dimana metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunnjukkan bahwa: tidak semua guru memiliki kompetensi yang memumpuni dalam mengelola kelas dari 6 guru 3 diantaranya masih belum bisa mengelola kelas dengan baik, banyaknya siswa ABK dalam satu kelas, sulitnya ABK menerima pembelajaran, masih minimnya perhatian pemerintah dan tidak semua orang tua memberikan dukungan untuk ABK. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problem tersebutu antara lain : keinginan untuk terus belajar untuk meningkatkan kompetensi guru, menggunakan metode dan media yang menyenangkan, mengulang-ulang materi pembelajara, dan membangun komunikasi yang baik dengan orang tua siswa ABK.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Anak Berkebutuhan Khusus, Problematika Guru, Sekolah Inklusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:12
Last Modified: 23 Jun 2022 00:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29529

Actions (login required)

View Item View Item