KAJIAN NILAI PENDIDIKAN CERITA RAKYAT SUKU SASAK “DEWA MAS MERAJA KUSUMA” DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SLTA

SINARTAMA, HASANDI (2017) KAJIAN NILAI PENDIDIKAN CERITA RAKYAT SUKU SASAK “DEWA MAS MERAJA KUSUMA” DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SLTA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
HASANDI SINARTAMA E1C09059.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian yang berjudul “Kajian Nilai Pendidikan Cerita Rakyat Suku Sasak “Dewa Mas Meraja Kusuma” dan Hubungannya dengan Pembelajaran Sastra di SLTA adalah untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita rakyat tersebut,. Metode yang di pergunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan documenter data primernya adalah cerita Dewa Mas Meraja Kusuma, di ambil dari kumpulan cerita NTB Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 1978. Analisis datanya dipergunakan pendekatan pragmatis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerita rakyat suku sasak “Dewa Mas Meraja Kusuma” mengandung nilai-nilai kependidikan yang dapat berfungsi antara lain dapat mengembangkan imajinasi anak, mengembangkan kecerdasan anak, mengembangkan perasaan anak, mengembangkan mental dan kepribadian anak, mengembangkan keimanan anak dan dapat mengembangkan moral anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai cerita rakyat, pembelajaran sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Apr 2018 02:07
Last Modified: 24 Apr 2018 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2953

Actions (login required)

View Item View Item