ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI GENDER DI MTSN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

RIZKIAN, AGUNG JAMAESA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI GENDER DI MTSN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIZKIAN AGUNG FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Mataram berdasarkan gender. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, sistem penilaian pada penelitian ini menggunakan 2 metode yakni level literasi matematika dan analisis problem solving. Level literasi matematika memiliki 6 (enam) level dalam pengukuran dan terdiri dari tiga aspek yakni aspek konten, konteks, dan kognitif sedangkan untuk penilaian menggunakan analisis pemecahan masalah ada 3 (tiga) tingkatan yakni rendah, sedang dan tinggi. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket yang berupa soal tes literasi matematika yang telah disetujui oleh 3 validator. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kemampuan literasi matematika, kemampuan literasi matematika siswa perempuan dominan berada pada level 3 yang artinya siswa mampu menerapkan algoritma dasar, memformulasikan dan melaksanakan prosedur serta dapat memilih dan menerapkan strategi memecahkan sederhana dan kemampuan literasi matematika siswa laki-laki dominan ada pada level 2 yang artinya siswa mampu menerapkan algoritma dasar, memformulasikan dan melaksanakan prosedur. Berdasarkan analisis pemecahan masalah kemampuan literasi matematika siswa berada pada level rendah dan sedang yang mana keduanya baik siswa laki-laki maupun perempuan dominan ada pada level rendah. Berdasarkan uji-t 2 sampel independen kemampuan literasi matematika siswa lakilaki dan perempuan tidak memilki perbedaan yang signifikan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: PISA, Literasi Matematika, Gender, OECD, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:06
Last Modified: 02 Jul 2022 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29546

Actions (login required)

View Item View Item