PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MOMENTUM DAN IMPULS DEGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

FINTA, YUDIAFARANI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MOMENTUM DAN IMPULS DEGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Finta Yudiafarani (E1Q017024).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan perangkat pembelajaran momentum dan impuls dengan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yang valid, reliabel efektif serta praktis digunakan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Perangkat yang dikembangkan yaitu silabus, Rancangan Perangkat Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen tes pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, insturmen tes pemahaman konsep berupa pre test dan post test untuk mengetahui efektivitas dan lembar observasi oleh guru dan peserta didik untuk mengetahui kepraktisan. Hasil penelitian perangkat memenuhi kriteria valid ditunjukan dengan persentasi dari validator ahli dan praktisi yang mencapai 87.51% dan 93.56% sedangkan untuk reliabilitas perangkat berada pada kategori reliabel ditunjukan dengan nilai 94,25. Hasil penelitian perangkat dianggap efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan hasil rata-rata NGain 81% dengan kriteria efektif. Hasil uji-t yaitu adanya perbedaan nilai pre test dan post test. Produk dianggap praktis dengan kategori sangat praktis ditunjukan oleh persentase 91.3%. Berdasarkan hasil data dari penelitian perangakat pembelajaran momentum dan impuls dengan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yang dikembangkan valid, reliabel, efektif dan praktis digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan, Momentum dan Impuls, Perangkat Pembelajaran, Model inkuiri terbimbing, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:06
Last Modified: 02 Jul 2022 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29559

Actions (login required)

View Item View Item