PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK LURUS

Husnul, Hatimah (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK LURUS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HUSNUL HATIMAH SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan video pada materi gerak lurus guna meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik yang valid, efektif dan praktis. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain penelitian model 4D terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes hasil belajar dan video pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, instrumen tes hasil belajar dan lembar kepraktisan. Data validitas perangkat pembelajaran dinilai oleh enam validator yaitu 3 validator ahli dan 3 validator praktisi dan dianalisis menggunakan skala likert. Data efektifitas di peroleh dari uji coba terbatas dengan memberikan tes hasil belajar kognitif berupa pretest dan posttest dalam bentuk soal uraian yang kemudian dianalisis menggunakan N-Gain. Data kepraktisan didapat melalui angket respon observasi keterlaksanaan pembelajaran, dalam hal ini dinilai oleh guru fisika kelas X MA dan dianalisis menggunakan skala likert. Persentase ratarata nilai validitas dari validator secara keseluruhan perangkat pembelajaran yaitu 83,33% sampai 97,92% dengan kategori valid dan sangat valid. Nilai rata-rata untuk hasil belajar kognitif menggunakan uji N-Gain peserta didik yaitu 0,83 dengan peningkatan kategori tinggi. Hasil nilai rata-rata kepraktisan observasi keterlaksananaan pembelajaran yang didapatkan dari angket respon guru fisika kelas X MA yaitu 96% dengan kategori sangat praktis. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model problem based learning berbantuan video yang dikembangkan valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi gerak lurus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:06
Last Modified: 02 Jul 2022 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29561

Actions (login required)

View Item View Item