PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL STEM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR

LUTFIAH, DINA AULIA (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL STEM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Lutfiah Dina Aulia_E1Q017031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model STEM untuk meningkatkan kreativitas sains dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Instrumen Tes Kreativitas Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis. Kelayakan produk diperoleh dari hasil validitas dan reliabilitas produk. Validitas produk dinilai oleh enam validator yang dianalisis menggunakan skala likert, sedangkan reliabilitas dinilai oleh enam responden yang dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Selanjutnya, kepraktisan produk ditentukan berdasarkan hasil respon peserta didik yang dianalisis menggunakan skala likert. Keefektifan produk diperoleh dari hasil uji coba terbatas dengan memberikan instrumen tes kreativitas sains dan kemampuan berpikir kritis berupa pretest dan posttest yang kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan keseluruhan perangkat memiliki persentase rata-rata 77.1% sampai dengan 98% dengan kriteria valid dan sangat valid. Sedangkan, berdasarkan penilaian responden diperoleh nilai rata-rata cronbach alpha 0.94 sehingga dapat dikatakan reliabel. Kemudian, berdasarkan respon peserta didik menunjukkan kepraktisan perangkat dengan nilai rata-rata 3.62 dan 3.70 dalam kriteria praktis. Kreativitas sains dan kemampuan berpikir kritis peserta didik juga mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata uji N-Gain sebesar 0.68 dalam kategori sedang. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika dengan model STEM pada materi suhu dan kalor sudah layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kreativitas sains dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Model STEM, Kreativitas Sains, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:05
Last Modified: 02 Jul 2022 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29563

Actions (login required)

View Item View Item