PENGEMBANGAN MEDIA FLIP CHART BERBASIS MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 GUGUS 2 LABUAPI TAHUN AJARAN 2021/2022

PUTU DRESTAJUMNA, I (2022) PENGEMBANGAN MEDIA FLIP CHART BERBASIS MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 GUGUS 2 LABUAPI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran IPA umumnya mempelajari tentang bagaimana peristiwa yang terjadi disekitar alam kita atau kata lain juga bisa disebut dengan mempelajari bumi itu sendiri. Hasil belajar adalah hasil yang didapat oleh siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar disekolah Tidak semua hasil belajar yang didapat oleh siswa di SDN tersebut tinggi terdapat beberapa siswa yang memiliki hasil belajar yang kurang khususnya di dalam mata pelajaran IPA. Beberapa faktor didalam proses pembelajaran membuat hasil belajar tidak dapat diraih dengan optimal seperti metode yang monoton, media pembelajaran yang tidak bervariasi dan masih banyak lainya yang membuat hasil belajar dari siswa ada yang dibawah rata-rata. Tujuan peneilitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan media flip chart berbasis model pembelajaran NHT di kelas 5 Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media flip chart dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA menggunakan metode NHT serta efisiensinya. Model pengembangan ADDIE merupakan model pengembangan yang digunakan dikarenakan model perencanaan pembelajaran yang efektif dan efesien serta prosesnya bersifat interaktif, dimana hasil evaluasi setiap fase dapat membawa pengembangan pembelajaran ke fase sebelumnya. model ini menggunakan 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SDN 2 Labuapi. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penilitian Efektivitas dari produk sesuai yang diharpkan karena dapat respon baik dari siswa maupun dari validator. Presentasi ahli media, materi serta respon peserta didik terakhir berturut yaitu : 78%, 86%, 91% melihat dari urutan respon efektivitas produk media diikatakan sangat baik dalam penggunaanya disekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: IPA, ADDIE, Flipchart, NHT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:05
Last Modified: 02 Jul 2022 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29570

Actions (login required)

View Item View Item