IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTION AND ANSWERING (RQA) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN TINGKAT KESADARAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN BAKTERI DI KELAS X MIPA SMAN 7 MATARAM

Aprillian, Mashani (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTION AND ANSWERING (RQA) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN TINGKAT KESADARAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN BAKTERI DI KELAS X MIPA SMAN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Aprillian Mashani E1A017007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Reading, Questioning, and Answering (RQA) merupakan model pembelajaran yang berlandaskan kontruktivisme yang kegiatan pembelajarannya berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran RQA terhadap prestasi belajar biologi dan tingkat kesadaran metakognitif pada pokok bahasan bakteri kelas X MIPA di SMAN 7 Mataram. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MIPA. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan saran pendidik dan prestasi belajar peserta didik, dan terpilih 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar dan inventori kesadaran metakognitif. Analisis data menggunakan teknik N-Gain dan uji beda t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Prestasi belajar peserta didik yang dianalisis menggunakan nilai N – Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,64 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,60 dengan kategori N – Gain kedua kelas adalah kategori cukup. 2) Tingkat kesadaran metakognitif peserta didik dominan berada pada kategori baik 51,6%, kategori sangat baik 3,2%, dan kategori berkembang 45,1%. Hasil analisis data dengan uji t menunjukkan nilai sig. 0,187 > 0,05 yang berarti bahwa model pembelajaram RQA tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan bakteri di kelas X MIPA SMAN 7 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Prestasi belajar, RQA, Kesadaran metakognitif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:05
Last Modified: 02 Jul 2022 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29571

Actions (login required)

View Item View Item