Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Segugus IV SE Kabupaten Dompu Tahun Ajaran 2021/2022

MUHAMMAD, ANDI ZULFIKAR (2022) Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Segugus IV SE Kabupaten Dompu Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Minat belajar siswa pada umumnya masih rendah, apalagi ketika pembelajaran secara daring dilakukan, banyak siswa yang memiliki minat belajar masih rendah, rendahnya minat belajar berimplikasi pada prestasi belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V Segugus IV Se Kabupaten Dompu Tahun Ajaran 2021 / 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berjenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh sekolah yang ada di segugus IV kabupaten dompu yang dimana sekolahnya adalah SDN 16 Dompu, SDN 05 Dompu, SDN 04 Dompu, dan SDN 06 Dompu. Dalam sampel yaitu seluruh kelas V yang berada disegugus IV tersebut dan SDN 16 Dompu yang adakan dijadikan sampel sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa atau taraf signifikan sebesar 5% atau 0,05 dengan demikian 6,300 maka dinyatakan normal, dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan Minat belajar siswa denga prestasi belajar siswa kelas V segugus IV se Kabupaten Dompu tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini ditunjukan berdasarkan hasil deskripsi variabel minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa dengan jumlah 36 responden dapat diketahui bahwa pada variabel minat belajar siswa memiliki nilai nimimum 69 dan maksimum 154 dengan rata – rata 115,57 dan termaksud kategori “Baik” selanj utnya pada variabel prestasi belajar siswa dapat diketahui nilai minimum sebesar 70 dan nilai maksimum 94 dengan rata – rata 85,2 termaksud kategori “kurang” hal ini dapat diartikan bahwa minat belajar siswa dilakukan dengan “baik”. Sehingga Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol ( Ho ) ditolak. Jadi, Hipotesis Alternatif ( Ha ) yang berbunyi “ adanya hubungan minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas V segugus IV se Kabupaten Dompu tahun ajaran 2021/2022” „ diterima‟.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Minat, Prestasi, belajar, SDN Gugus Dompu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:04
Last Modified: 02 Jul 2022 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29581

Actions (login required)

View Item View Item