RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DESA DORIDUNGGA KECAMATAN DONGGO KABUPATEN BIMA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING

Azhar, M. (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DESA DORIDUNGGA KECAMATAN DONGGO KABUPATEN BIMA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN TA2 M. AZHAR Revisi2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Desa Doridungga merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima yang sistem pengolahan keuangannya masih menggunakan cara manual. Untuk mendapatkan informasi terkait keuangan desa, masyarakat setempat harus berjalan ke kantor desa, atau mereka harus melihat spanduk-spanduk yang dipasang di samping jalan di desa setempat. Hal tersebut dinilai tidak efisien karena memakan waktu yang cukup banyak hanya untuk mendapatkan informasi. Apalagi jika masyarakat desa setempat berada diluar daerah. Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan perangkat desa bahwa kondisi yang terjadi di desa adalah belum terdapat sistem informasi yang memuat informasi keuangan desa, seperti anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). Dari permasalahan yang terjadi, solusi yang tepat yang dapat diambil adalah dengan membuat sebuah sistem informasi desa yang dapat mengolah dan menampilkan data terkait APBDes (berbasis website) sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas, dengan adanya sistem informasi tersebut harapannya dapat membantu masyarakat luas dalam mengakses informasi terkait keuangan desa. Dalam penelitian tugas akhir ini menggunakan metode Extreme Programming. Penggunaan metode XP sangat cocok digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini dikarenakan client sewaktu-waktu menginginkan perubahan-perubahan dari segi fitur dalam sistem informasi karena dalam penggunaan metode XP sendiri membutuhkan lebih banyak interaksi dengan client. Oleh karena itu, dengan menerapkan metode XP dalam penelitian ini pengembangan sistem informasi dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Dengan adanya sistem informasi ini dapat membantu masyarakat dalam mengakses data keuangan Desa Doridungga Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. Hal ini dibuktikan dengan hasil kuisioner bahwa yang menjawab sangat setuju 66.7%, setuju 24.2%, dan yang menjawab cukup 9.1%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keywords: Keuangan, Sistem Informasi, Website, Extreme Programming
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:04
Last Modified: 02 Jul 2022 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29583

Actions (login required)

View Item View Item