ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

EKARINI, ZULFA RAHMI (2017) ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan dan mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri tahun pelajaran 2017/2018 dalam menyelesaikan soal-soal persamaan garis lurus. Data diambil dari hasil tes materi persamaan garis lurus dan hasil wawancara dengan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri yang berjumlah 109 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dengan anggota tingkat kemampuan siswa tidak sama. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengoreksi hasil tes, pengelompokkan jenis kesulitan, dan transkip wawancara. Dari data yang diperoleh berdasarkan analisis jawaban siswa menunjukkan kesulitan yang dominan dialami pada siswa berkemampuan tinggi adalah kesulitan dalam bahasa matematika sebesar 50%, dan kesulitan dalam persepsi visual sebesar 100%. Kemudian pada siswa berkemampuan sedang dominan mengalami kesulitan dalam kesulitan dalam menghitung sebesar 50%, kesulitan dalam bahasa matematika 50%, dan kesulitan dalam persepsi visual 100%. Dan pada siswa berkemampuan rendah dominan mengalami kesulitan dalam menghitung sebesar 85%, kesulitan dalam mentransfer ilmu pengetahuan 50%, kesulitan dalam bahasa matematika 60%, dan kesulitan dalam persepsi visual 100%. Dari hasil wawancara diperoleh penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal persamaan garis lurus yaitu pada siswa berkemampuan tinggi tidak memahami istilah dan kesulitan dalam menggambar grafik. Pada siswa kemampuan sedang kurang memahami cara menyelesaikan operasi perkalian, pembagian, tidak memahami istilah, dan kesulitan dalam menggambar grafik. Dan pada siswa berkemampuan rendah kesulitan dalam menyelesaikan operasi perkalian, pembagian, penjumlahan, kurang memahami konsep dan langkah- langkah dalam menyelesaikan soal, tidak memahami istilah, dan kesulitan dalam menggambar grafik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kesulitan, Persamaan Garis lurus, Deskripsi kesulitan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 24 Apr 2018 02:06
Last Modified: 24 Apr 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2963

Actions (login required)

View Item View Item