Positioning Operator Telepon Selular PT. Axiata XL. Tbk (Studi di Kota Mataram)

Junaidi, Sagir (2010) Positioning Operator Telepon Selular PT. Axiata XL. Tbk (Studi di Kota Mataram). Positioning Operator Telepon Selular PT. Axiata XL. Tbk (Studi di Kota Mataram), 1 (XXX). pp. 17-32. ISSN ISSN : 0853-957X

Full text not available from this repository.
Official URL: https://distribusi.unram.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemiripan antara operator telepon selular XL dengan operator telepon selular Telkomsel, Indosat, Axis, dan 3/Three ditinjau dari atribut determinan, (2) Untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap operator telepon selular XL dengan operator telepon selular Telkomsel, Indosat, Axis, dan 3/Three ditinjau dari atribut determinan, (3) Untuk mengetahui atribut apa yang menjadi keunggulan operator telepon selular XL. Penelitian ini menggunakan 55 Responden yang tersebar di Kota Mataram, yang diambil secara purposive sampling dan convenience sampling, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan alat analisis Multidimensional Scaling (MDS) dan Correspondence Analysis (CA). alat analisis ini digunakan untuk mengetahui kemiripan suatu operator telepon selular satu dengan operator telepon selular yang lainnya dan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap atribut produk operator telepon selular XL dengan pesaingnya. Berdasarkan Hasil yang diperoleh adalah operator selular XL mirip dengan operator selular Indosat, Operator selular Axis dengan operator selular 3/Three, sedangkan operator selular Telkomsel tidak memiliki kemiripan dari keempat operator telepon selular lainnya. Strategi yang dapat dilakukan oleh XL untuk menguatkan positioning adalah dengan memaksimalkan atribut taris SMS. XL dapat mempertahankan SMS gratis kesemua pengguna operator setelah mengirim dua sms dengan tarif Rp.150/SMS. Disamping itu, XL juga perlu untuk menambahkan variasi nominal pulsa dan keragaman fitur. Positioning statement yang dapat dikomunikasikan untuk XL adalah “SMS murah”, agar positioning statement XL semakin kuat di benak konsumen.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Positioning, dan Operator Telepon Selular
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Drs. H. Junaidi Sagir MBA
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:02
Last Modified: 02 Jul 2022 02:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29658

Actions (login required)

View Item View Item