PENDUGAAN UMUR SIMPAN KERUPUK SINGKONG GORENG MENGGUNAKAN METODE ACCELERATED SHELF LIFE TESTING (ASLT) MODEL ARRHENIUS

Nusi, Susanti (2022) PENDUGAAN UMUR SIMPAN KERUPUK SINGKONG GORENG MENGGUNAKAN METODE ACCELERATED SHELF LIFE TESTING (ASLT) MODEL ARRHENIUS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI NUSI SUSANTI (J1A017079).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah perkiraan umur simpan kerupuk singkong yang dikemas menggunakan 2 jenis kemasan yang berbeda, untuk mendapatkan informasi umur simpan dan jenis kemasan yang tepat untuk kerupuk singkong. Metode pendugaan umur simpan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accelerated Shelf Life Test dengan model Arrhenius. Sebagian sampel kerupuk dikemas menggunakan kemasan aluminium foil dan sebagian lagi menggunakan kemasan plastic PP, selanjutnya disimpan pada suhu sesuai perlakuan (20°C, 30°C dan 40°C). Parameter yang diamati meliputi kadar air, kadar FFA, tekstur (daya patah), rasa, aroma, warna dan tekstur. Pengamatan parameter dilakukan pada hari ke 1, 3, 7, 10 dan hari ke 14 penyimpanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerupuk singkong yang dikemas dengan kemasan alumunium foil dan disimpan pada suhu 20°C memiliki umur simpan yang paling lama. Berdasarkan data laju peningkatan kadar air, perkiraan umur simpan kerupuk singkong yang dikemas menggunakan kemasan alumunium foil dan plastik PP dan disimpan pada suhu 20°C yaitu berturut-turut yaitu 62,33 hari dan 56,28 hari. Sedangkan penyimpanan pada Suhu 30°C kerupuk singkong dalam kemasan aluminium foil dan plastik PP memiliki umur simpan berturut-turut 47,93 hari, dan 43,28 hari. Selanjutnya penyimpanan pada suhu 40°C umur simpan kerupuk menurun menjadi 37,48 hari dan 33,90 hari untuk kerupuk yang dikemas dengan aluminium foil dan plastik PP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Accelerated Shelf Life Test (ASLT), kadar air, kerupuk singkong, kemasan, Umur simpan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:38
Last Modified: 04 Jul 2022 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29674

Actions (login required)

View Item View Item