EVALUASI PEMBERIAN PAKAN DAN KONDISI BADAN TERHADAP KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN DI KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Karunia, Karunia (2022) EVALUASI PEMBERIAN PAKAN DAN KONDISI BADAN TERHADAP KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN DI KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KARUNIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan Inseminasi Buatan pada sapi berdasarkan pemberian pakan, air minum dan kondisi badan. Penelitian ini dilaksanakan di UPT. HPT. Keswan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah. Metode penelitian menggunakan metode survey dan data primer diperoleh dengan cara wawancara langsung pada lima kandang kelompok yang dipilih dengan total sampel 246 ekor sapi betina produktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pakan 15-20 kg (kategori kurang), pakan 25-32,5 kg (kategori cukup) dan 37,5 kg atau lebih (kategori tinggi) menghasilkan pedet sebesar 72%, 90% dan 78% berturut-turut. Pemberian air minum satu dan dua kali per hari menghasilkan pedet sebesar 86% dan 73%. Kondisi badan sapi kurus, sedang dan gemuk menghasilkan pedet sebesar 76%, 85% dan 82%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pemberian pakan, air minum yang cukup dan kondisi badan sedang menghasilkan jumlah pedet yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Sapi, inseminasi buatan, pakan, kondisi badan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:38
Last Modified: 04 Jul 2022 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29676

Actions (login required)

View Item View Item