PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII A SMP SATAP 4 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ISNAWATI, ISNAWATI (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII A SMP SATAP 4 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
isnawati E1C112056.pdf

Download (985kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis puisi dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VII A SMP SATAP 4 Gunungsari?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi dengan pendekatan kontekstual siswa kelas VII A SMP SATAP 4 Gunungsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, penugasan atau tes dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah kuantitatif pada data hasil tes berupa angka atau numerik dan kualitatif dilakukan pada data hasil non tes yakni hasil pengamatan (Observasi). Berdasarkan hasil proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Dari segi aktivitas guru, terdapat peningkatan, pada siklus 1, nilai aktivitas guru adalah 82 pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua meningkat menjadi 94. Kemudian pada pertemuan pertama siklus II nilainya 94, meningkat menjadi 100 pada pertemuan kedua siklus II. Dari segi aktivitas siswa, terjadi peningkatan yaitu pertemuan pertama siklus I nilai yang diperoleh 89, kemudian pertemuan kedua mencapai 89. Sedangkan, pertemuan pertama siklus II nilai yang diperoleh adalah 92 dan pertemuan kedua 94. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata menulis puisi pada siklus I 66,67 atau 85% siswa. Nilai rata-rata menulis puisi pada siklus II 68,32 atau 92,85%. Dengan demikian penggunaan pendekatan kontekstual dalam menulis puisi dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII A SMP SATAP 4 Gunungsari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): peningkatan, menulis, puisi, pendekatan kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:46
Last Modified: 23 Apr 2018 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2968

Actions (login required)

View Item View Item