KEBERADAAN HAMA KUTU KEBUL (Bemisia sp.) DAN GEJALA PENYAKIT VIRUS YANG DITIMBULKAN PADA BEBERAPA VARIETAS TANAMAN KENTANG DIDESA SEMBALUN

Rani, Andalisa (2022) KEBERADAAN HAMA KUTU KEBUL (Bemisia sp.) DAN GEJALA PENYAKIT VIRUS YANG DITIMBULKAN PADA BEBERAPA VARIETAS TANAMAN KENTANG DIDESA SEMBALUN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RANI ANDALISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan hama kutu kebul (Bemisia sp.) dan gejala penyakit virus yang ditimbulkan pada beberapa varietas tanaman kentang di Desa Sembalun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2021 di Desa Sembalun Timba Gading. Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan adalah metode Eksperimental dengan percobaan dilapangan dan rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan yaitu A (Mc. Russet), B (Ranger Russet), C (Chitra), D (Atlantik). Setiap perlakuan diulang 6 kali sehingga didapatkan 24 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukan perlakuan Mc. Russet dan Ranger Russet tahan terhadap populasi, intensitas serangan dan kejadian penyakit virus kuning yang disebabkan hama kutu kebul (Bemisia sp.). Populasi hama kutu kebul selama pengamatan mengalami fluktuasi. Populasi tertinggi yaitu pada pengamatan 49 hst pada perlakuan varietas Chitra sebesar 2,08 sedangkan populasi terendah pada varietas Mc. Russet sebesar 1,33. Intensitas serangan tertinggi pada pengamatan 49 hst yaitu pada varietas Chitra sebesar 1.0% dan intensitas terendah pada varietas Mc. Russet sebesar 0,4%. Untuk kejadian penyakit virus kuning vektor hama kutu kebul tertinggi pada pengamatan 56 hst pada varietas Chitra sebesar 4,2% dan terendah pada vaerietas Ranger Russet sebesar 1,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kutu Kebul,Varietas Tanaman Kentang.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:46
Last Modified: 05 Jul 2022 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29681

Actions (login required)

View Item View Item