ANALISIS PERSEPSI TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DAN HUBUNGANNYA DENGAN SIKAP BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XII MIPA SMA NEGERI 6 MATARAM

KADEK DWI ANGGRAENI, NI (2022) ANALISIS PERSEPSI TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DAN HUBUNGANNYA DENGAN SIKAP BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XII MIPA SMA NEGERI 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Ni Kadek Dwi Anggraeni_E1M017045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas XII MIPA SMAN 6 Mataram terhadap pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring (online), mengetahui sikap belajar kimia siswa kelas XII MIPA SMAN 6 Mataram terhadap pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring (online) dan mengetahui ada atau tidak ada hubungan antara persepsi siswa kelas XII MIPA terhadap pelaksanaan pembelajaran daring (online) dengan sikap belajar kimia. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan korelasional Spearman Rank. Sampel yang digunakan 94 siswa kelas XII MIPA SMAN 6 Mataram dengan cara Proposional Stratifed Random Sampling. Pengambilan data angket tertutup dengan skala Likert. Persepsi siswa pada penelitian terdiri dari indikator kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Sikap belajar kimia siswa terdiri dari indikator sikap terhadap guru/pengajar, terhadap proses pembelajaran, dan yang berkaitan dengan nilai-nilai atau norma-norma tertentu yang berhubungan dengan suatu materi pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa dan sikap belajar kimia siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring (online) menunjukkan kategori cukup baik. Hasil penelitian didapatkan nilai rhohitung > rhotabel (0,465 > 0,364) dan thitung > ttabel (5,035 > 1,986) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif (dengan tingkat hubungan yang sedang) dan signifikan antara persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring (online) dengan sikap belajar kimia siswa kelas XII MIPA di SMAN 6 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Persepsi, pembelajaran daring (online), sikap belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:46
Last Modified: 05 Jul 2022 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29682

Actions (login required)

View Item View Item