ANALISIS PROFITABILITAS DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Sazida, Silva (2022) ANALISIS PROFITABILITAS DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S-edtSazidasilva-analisis profitabilitas dan peyerapan tenaga kerja usahatani jagung hibrida 0806.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Usahatani jagung hibrida menjadi salah satu usahatani yang dilakukan petani di Kecamatan Pringgabaya guna memperoleh pendapatan demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Akan tetapi dalam realitasnya harga jual jagung hibrida ditingkat petani di Kecamatan Pringgabaya mengalami fluktuasi dan tidak stabil akibatnya petani merugi, karena harga jual jagung tidak sebanding dengan biaya produksi petani yang dikeluarkan. Namun hal ini tidak membuat petani berhenti menjalankan usahatani jagung hibrida. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis penyerapan tenaga kerja pada usahatani jagung hibrida di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur, (2) Menganalisis profitabilitas pada usahatani jagung hibrida di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur, (3) Mengidentifikasi masalah pada usahatani jagung hibrida di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah usahatani jagung hibrida di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Lokasi sampel diambil secara purposive sampling dengan pertimbangan bahwa Desa Batuyang dan Desa Pringgabaya memiliki hasil produksi tertinggi dibandingkan desa lainnya. Penentuan jumlah responden dilakukan dengan metode quota sampling sedangkan untuk menentukan petani responden jagung hibrida dikakukan dengan metodesystematic random sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data skunder. Variabel dalam penelitian ini meliputi: Luas lahan, produksi, biaya produksi, biaya tetap, biaya variable, penerimaan, keuntungan, profitabilitas, masalah, Penyerapan tenaga kerja, jumlah tenaga kerja, jumlah hari kerja, jumlah jam kerja. Masalah usahatani. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara langsung pada petani responden. Analisis data dalam penelitian ini yaitu (1) Analisis tingkat penyerapan tenaga kerja pada usahatani jagung hibrida. (2) Analisis biaya usahatani jagung hibrida. (3) Analisis masalah usahatani jagung hibrida. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Penyerapan tenaga kerja diperoleh sebesar 42,73 HKO/luas lahan garapan atau 40,97 HKO/ha. (2) Keuntungaan pada usahatani jagung hibrida diperoleh sebesar Rp 15.400.359/luas lahan garapan atau Rp 14.767.467/ha, dengan nilai rentabilitas ekonomi sebesar 1,99 dengan nilai R/C ratio sebesar 2,99. (3) Masalah dalam usahatani jagung hibrida adalah kelangkaan pupuk dan harga pupuk mahal sebanyak (23 petani, 66 %), kurangnya pengetahuan olah tanah (7 petani, 20%), dan kurangnya penyuluhan (5 petani, 14%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Jagung Hibrida, Tenaga kerja, Biaya, Keuntungan, Rentabilitas.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:46
Last Modified: 05 Jul 2022 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29688

Actions (login required)

View Item View Item