POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA ULAT BAWANG (Spodoptera exigua Hubner) PADA TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) DI KECAMATAN PLAMPANG

Yana, Pratiwi (2022) POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA ULAT BAWANG (Spodoptera exigua Hubner) PADA TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) DI KECAMATAN PLAMPANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIKS YANA PRATIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui populasi dan intensitas serangan hama ulat bawang (Spodoptera exigua Hubner) pada tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) di Kecamatan Plampang dalam rangka pengelolaan serta pengendalian yang tepat. Penelitian ini dilakukan di lahan pertanian milik petani di Desa Brang Kolong dan Desa Muer, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada bulan November 2021. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data secara acak di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Lokasi Muer rerata jumlah populasi lebih tinggi 8,4 ekor/rumpun dibandingkan Lokasi Brang Kolong rerata jumlah populasi 4,04 ekor/rumpun yang belum mencapai ambang pengendalian sehingga dalam pengendalian hama dapat dilakukan tanpa menggunakan pestisida. Intensitas serangan pada Lokasi Brang Kolong paling tinggi yaitu 35,96% dibandingkan Lokasi Muer 27,76% sehingga intensitas serangan pada kedua lokasi pengamatan masih tergolong sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ambang Pengendalian; Intensitas; Pengelolaan; Pestisida; Serangan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:46
Last Modified: 05 Jul 2022 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29690

Actions (login required)

View Item View Item