CITRA DIRI PENGGEMAR K-POP (STUDI FENOMENOLOGI PENGGEMAR BOYBAND K-POP BTS DI MATARAM)

Baiq, Noni Wihayananda (2022) CITRA DIRI PENGGEMAR K-POP (STUDI FENOMENOLOGI PENGGEMAR BOYBAND K-POP BTS DI MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ NONI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Citra Diri Penggemar K-Pop (Studi Fenomenologi Penggemar Boyband K-Pop BTS di Mataram). Penelitian ini memiliki tujuanuntuk mengetahui bagaimana citra diri penggemar K-Pop khususnya penggemar boyband BTS di Mataram. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini berjumlah sepuluh orang yang didapatkan dari tehnik purposive sampling dan observasi di beberapa komunitas Army di Mataram. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan tidak tersetruktur serta observasi dengan tehnik analisis data menggunakan tehnik reduksi data. Berdasarkan analisis data, penelitian ini berhasil mengidentifikasi dua tema utama yakni Komunikasi di dalam Army Mataram dan Citra Diri Sebagai Penggemar yang akan dibahas dalam beberapa poin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggemar BTS di Mataram yakni Army, memiliki cara berkomunikasi dan pengalaman-pengalaman yang membentuk citra diri mereka sebagai seorang penggemar K-Pop, konsumerisme mereka dalam mengoleksi barang atau atribut yang berkaitan dengan idola mereka, dan bagaimana mereka menggunakan bahasa-bahasa tertentu dalam berkomunikasi dan bentuk penolakan mereka terhadap masyarakat yang memandang rendah atau menjelekkan idola mereka dan juga fandom Army. Komunitas dan lingkungan sekitar yang mendukung, saling bertukar informasi, berita dan memotivasi satu sama lain antar sesama Army baik di dalam maupun diluar negeri merupakan salah satu sisi positif dari mereka. Dari pengalaman mereka secara fenomenologi menggambarkan pengalaman para penggemar dalam menampilkan bagaimana citra diri mereka menjadi seorang penggemar K-Pop khususnya penggemar boyband BTS.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Komunikasi, Citra Diri, Penggemar K-Pop, Army di Mataram
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:47
Last Modified: 05 Jul 2022 01:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29695

Actions (login required)

View Item View Item