DINAMIKA KOMUNIKASI INTRAPERSONAL PADA PROSES PENERIMAAN DIRI DAN ADAPTASI BUDAYA ORGANISASI (STUDI KASUS ALUMNI ILMU KOMUNIKASI YANG SUDAH BEKERJA)

Kirana, Khumairah Nasruddin (2022) DINAMIKA KOMUNIKASI INTRAPERSONAL PADA PROSES PENERIMAAN DIRI DAN ADAPTASI BUDAYA ORGANISASI (STUDI KASUS ALUMNI ILMU KOMUNIKASI YANG SUDAH BEKERJA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KIRANA KHUMAIRAH NASRUDDIN FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)

Abstract

Komunikasi intrapersonal menjadi tahapan awal dalam penentuan penerimaan diri dan adaptasi dari lingkungan seorang pekerja. Dimana komunikasi intrapersonal adalah bagaimana seseorang menganalisis lingkungan sekitar mulai dari objek yang diamati hingga orang lain. Komunikasi intrapersonal menjadi tahapan penting dalam proses penerimaan diri dan adaptasi seseorang. Karena dari komunikasi intrapersonal menentukan sikap dan pandangan terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika komunikasi intrapersonal pada proses penerimaan diri dan adaptasi budaya oragnisasi oleh alumni mahasiswa program studi ilmu komunikasi Universitas Mataram ketika mulai bekerja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan Purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi intrapersonal yang dilakukan oleh 4 informan terdapat perbedaan yaitu, 2 informan melakukan komunikasi intrapersonal negatif sementara, 2 informan melakukan komunikasi intrapersonal positif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat 2 informan dengan proses penerimaan diri dan adaptasi yang terhambat sedangkan, 2 informan dengan proses penerimaan diri dan adaptasi yang lebih cepat. Namun keempat informan mampu bertahan dan mampu menunjukkan perubahan yang lebih baik, seperti konsep diri yang positif, peningkatan kontrol emosi, self-esteem (harga diri) dalam bekerja, serta ekstraversi dalam berinteraksi sosial. Kemampuan komunikasi intrapersonal pada penerimaan diri dan adaptasi ini berperan penting untuk mempengaruhi keberhasilan seorang pekerja di suatu perusahaan. Berdasarkan penelitian mengenai Dinamika Komunikasi Intrapersonal Pada Proses Penerimaan Diri dan Adaptasi Budaya Organisasi (Studi Kasus Alumni Ilmu Komunikasi Yang Sudah Bekerja) dapat dikemukakan beberapa saran. (1) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadikan acuan untuk penelitiansejenis sehingga dapat menjadi refrensi untuk Alumni Ilmu komunikasi dalam bekerja. (2) Alumni Ilmu Komunikasi mampu memahami komunikasi intrapersonal sehingga proses penerimaan diri dan adaptasi yang dilakukan dapat membantu alumni dalam beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Komunikasi Intrapersonal, Penerimaan Diri, dan Adaptasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:47
Last Modified: 05 Jul 2022 03:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29696

Actions (login required)

View Item View Item