TINGKAT KETERGANTUNGAN PETANI TERHADAP HASIL HUTAN BUKAN KAYU DI HKm WANA LESTARI DESA BUKIT TINGGI KECAMATAN GUNUNGSARI

Nurul, Lasmini (2022) TINGKAT KETERGANTUNGAN PETANI TERHADAP HASIL HUTAN BUKAN KAYU DI HKm WANA LESTARI DESA BUKIT TINGGI KECAMATAN GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURUL LASMINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketergantungan petani terhadap sumber daya hutan dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat ketergantungan petani terhadap sumber daya hutan. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk mengelola hutan secara berkelanjutan tanpa mengabaikan kesejahteraan masyarakat baik dari segi pendapatan petani dan serapan tenaga kerja maupun faktor-faktor yang memengaruhi ketergantungan masyarakat terhadap hutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk menjelaskan suatu situasi yang hendak diteliti dengan dukungan studi kepustakaan sehingga lebih memperkuat analisa peneliti dalam membuat suatu kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan tahunan masyarakat dari dalam kawasan hutan sebesar Rp. 12,028,753/LLG/tahun atau sekitar 56% dari total pendapatan petani pertahun berada pada tingkat ketergantungan sedang. Sedangkan untuk nilai rata-rata HOK dari dalam kawasan hutan sebesar 242.10 HOK/LLG/tahun atau sekitar 74% dari total HOK rata-rata yang berjumlah 326.69HOK/LLG/tahun berada pada kriteria ketergnatungan tinggi. Hingga didapatkan nilai persentase sebesar 65% untuk tingkat ketergantungan petani terhadap hasil hutan bukan kayu secara keseluruhan dan masuk kedalam kriteria ketergantungan tinggi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi tingkat ketergantungan petani terhadap hasil bukan kayu adalah tingkat pendapatan dari dalam kawasan hutan, dimana semakin tinggi pendapatan yang didapat maka masyarakat semakin memprioritaskan pekerjaan di dalam kawasan hutan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci; Tingkat ketergantungan petani; Pendapatan petani; Serapan tenaga kerja; HKm Wana Lestari.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:47
Last Modified: 05 Jul 2022 03:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29700

Actions (login required)

View Item View Item