Akbarillah T., D. Kaharuddin, Hidayat dan A. Primalasari. 2017. Penggunaan Ampas Tahu pada Level Berbeda terhadap Performa Entok SISTEM PRODUKSI DAN PRODUKTIVITAS TERNAK ENTOK DI DAERAH PADAT PENDUDUK DI KOTA MATARAM

INDAH, PERMATA SARI (2021) Akbarillah T., D. Kaharuddin, Hidayat dan A. Primalasari. 2017. Penggunaan Ampas Tahu pada Level Berbeda terhadap Performa Entok SISTEM PRODUKSI DAN PRODUKTIVITAS TERNAK ENTOK DI DAERAH PADAT PENDUDUK DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Indah Permata Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem produksi yang diterapkan peternak dan produktifitas ternak entok yang dipelihara di daerah padat penduduk di Kota Mataram. Data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam dengan menggunakan alat bantu daftar pertanyaan (kuisioner), serta melakukan pengamatan langsung (observasi) di lokasi. Daerah sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Penentuan responden sebagai sumber data dilakukan dengan menggunakan metode snowball sehingga terkumpul sampel sebanyak 30 orang responden. Data diperoleh kemudian ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pemeliharaan entok di daerah padat penduduk di Kota Mataram sebagian besar dilakukan dengan cara semi intensif. Pakan diberikan 2-3 kali sehari dengan ukuran yang berbeda-beda. Bahan pakan yang digunakan yaitu berupa limbah pertanian seperti dedak padi. Masak kelamin dicapai pada umur 6 bulan dengan bobot badan betina mencapai 1,645 gram dan bobot badan jantan adalah 2,565 gram. Bobot pejantan adalah 3,615 gram dan bobot indukan adalah 2,480 gram. Produksi telur entok dalam 1 clutch berkisar antara 10-13 butir. Bobot telur entok saat pertama kali bertelur adalah 57,75 gram/butir dan menjadi 72 gram/butir pada peneluran berikutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: sistem produksi, produktivitas, entok, daerah padat penduduk
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:12
Last Modified: 06 Jul 2022 05:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29703

Actions (login required)

View Item View Item