POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA KUTU DAUN (Aphis gossypii) DAN GEJALA PENYAKIT VIRUS YANG DITIMBULKAN PADA BEBERAPA VARIETAS TANAMAN KENTANG

Nurqoim, M. (2022) POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA KUTU DAUN (Aphis gossypii) DAN GEJALA PENYAKIT VIRUS YANG DITIMBULKAN PADA BEBERAPA VARIETAS TANAMAN KENTANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURQOIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui populasi dan intensitas serangan hama kutu daun (Aphis gossypii) dan gejala penyakit virus yang ditimbulkan pada beberapa varietas tanaman kentang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan percobaan langsung di lapangan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan yaitu A (Kentang varietas Mc Russet), B (Kentang varietas Ranger russet), C (Kentang varietas Chitra) dan D (Kentang varietas Atlantik). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sembalun Timba Gading, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada bulan April 2021 sampai dengan bulan Juni 2021. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa populas, intensitas serangan dan gejala penyakit virus berbeda pada setiap varietas tanaman kentang. Populasi dan intensitas serangan tertinggi pada varietas Atlantik dengan rata-rata populasi hama 10 ekor/tanaman dan intensitas 2,93% dan terendah pada varietas Ranger russet dengan rata-rata populasi hama 3,42 ekor/tanaman dan intensitas serangan 1,57%. Sedangkan gejala penyakit virus tertinggi pada varietas Chitra dengan kejadian virus PVY 6,05% dan PLRV 5,79% dan terendah pada varietas Ranger russet dengan kejadian virus PVY 3,19% dan PLRV 2,27%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Tanaman Kentang, Varietas Kentang, Hama Kutu Daun, Gejala Penyakit Virus.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:12
Last Modified: 06 Jul 2022 05:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29704

Actions (login required)

View Item View Item