POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA LALAT PENGOROK DAUN (Liriomyza huidobrensis) PADA EMPAT VARIETAS TANAMAN KENTANG INDUSTRI DI SEMBALUN LOMBOK TIMUR

Malasari, Malasari (2022) POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA LALAT PENGOROK DAUN (Liriomyza huidobrensis) PADA EMPAT VARIETAS TANAMAN KENTANG INDUSTRI DI SEMBALUN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-MALASARI-C1M017078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui populasi dan intensitas serangan hama lalat pengorok daun (Liriomyza huidobrensis) pada empat varietas tanaman kentang industri di Sembalun Lombok Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2021 di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan percobaan dilapangan dan rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan yaitu A (Mc. Russet), B (Ranger Russet), C (Chitra) dan D (Atlantik). Setiap perlakuan diulang sebanyak 6 kali sehingga didapatkan 24 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas Mc. Russet dan Ranger Russet tahan terhadap populasi dan intensitas serangan hama Liriomyza huidobrensis. Populasi hama lalat pengorok daun (Liriomyza huidobrensis) selama pengamatan mengalami fluktuasi. Populasi tertinggi yaitu pada pengamatan 63-70 HST pada varietas Atlantik sebesar 2,22 ekor sedangkan populasi hama terendah yaitu pada varietas Mc. Russet sebesar 1,14 ekor. Intensitas serangan hama Liriomyza huidobrensis berbeda-beda pada setiap varietas. Intensitas serangan tertinggi yaitu pada pengamatan 63-70 HST pada varietas Atlantik sebesar 4,65% sedangkan intensitas serangan terendah yaitu pada varietas Mc. Russet sebesar 3,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci:sembalun, Liriomyza huidobrensisvarietas tanaman kentang, kentang industri
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:12
Last Modified: 06 Jul 2022 05:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29706

Actions (login required)

View Item View Item