PERBANDINGAN KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA SMA MUHAMMADIYAH MATARAM DENGAN SMAN 6 MATARAM DALAM MENYUSUN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS)

Yulia, Fitriani (2022) PERBANDINGAN KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA SMA MUHAMMADIYAH MATARAM DENGAN SMAN 6 MATARAM DALAM MENYUSUN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULIA FITRIANI E1C018103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan suatu bangsa, maka semakin baik pula bangsa tersebut. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Oleh karena itu, peran guru sebagai pengajar, pembimbing dan motivator sangat penting. Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh guru adalah mampu melakukan penilaian termasuk di dalamnya mampu menyusun soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tujuan peneiltian ini adalah (1) untuk mengetahui kesesuaian soal HOTS yang disusun guru ditinjau dari kriteria soal HOTS. (2) untuk mengetahui perbandingan kemampuan kemampuan Guru Bahasa Indonesia SMAN 6 Mataram dan SMA Muhammadiyah Mataram dalam menyusun soal berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS). Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu soal ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2020/2021. Hasil peneltian menunjukkan SMAN Muhammadiyah Mataram pada indikator pertama menunjukkan sebesar 27% atau sebanyak 12 butir soal, indikator kedua sebesar 33% atau sebanyak 15 butir soal, indikator ketiga sebesar 22% atau sebanyak 10 butir soal, dan indikator keempat sebesar 71% atau sebanyak 32 butir soal. Sedangkan SMA 6 Mataram pada indikator pertama sebesar 75% atau sebanyak 33 butir soal, pada indikator kedua sebesar 100% atau sebanyak 44 butir soal, pada indikator ketiga sebesar 56% atau sebanyak 24 butir soal dan pada indikator keempat sebesar 100% atau sebanyak 44 butir soal. SMAN 6 Mataram memperoleh skor lebih tinggi dibandingkan dengan SMA Muhammadiyah Mataram yaitu 81,3 dengan kategori baik, sedangkan SMA Muhammadiyah Mataram mendapat skor 56,3 dengan kategori kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: Pendidikan, Menyusun, Soal HOTS, Guru Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:57
Last Modified: 06 Jul 2022 06:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29733

Actions (login required)

View Item View Item