ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) PADA IKAN GABUS (Channa striata) DARI DANAU RAWA TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT TAHUN 2021

KARINA, LEGIARSI (2022) ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) PADA IKAN GABUS (Channa striata) DARI DANAU RAWA TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KARINA LEGIARSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian mengenai analisis kandungan logam berat kadmium (Cd) pada ikan gabus (Channa striata) dari Danau Rawa Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2021 adalah untuk mengetahui kandungan kadmium pada daging ikan gabus dari Danau Rawa Taliwang. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan, terhitung dari bulan September-Oktober 2021. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling pada 2 statiun. Sampel ikan diambil 2 ekor pada setiap stasiun menggunakan jaring ikan dan bubu. Jenis ikan yang diambil adalah ikan gabus. Sampel penelitian kemudian dianalisis di Balai Laboratorium Kesehatan, Pengujian dan Kalibrasi Provinsi Nusa Tenggara Barat. Analisis data dilakukan dengan mengambil jaringan otot dari ikan gabus kemudian menganalisis kandungan kadmium menggunakan AAS (Atomic Absorbtion Spectrophotometry). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan kadmium pada daging ikan gabus yang berasal dari Danau Rawa Taliwang berkisar antara 0,115 mg/kg (ppm) sampai 0,161 mg/kg (ppm). Hal ini menunjukkan bahwa Danau Rawa Taliwang sudah terkontaminasi oleh kadmium melebihi ambang batas yang telah ditetapkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) No.5 Tahun 2018 tentang Batas Maksimum Cemaran Logam Berat dalam Olahan Pangan yaitu sebesar 0,1 mg/kg.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kadmium (Cd), Ikan Gabus, Danau Rawa Taliwang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jul 2022 05:30
Last Modified: 07 Jul 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29737

Actions (login required)

View Item View Item