PEMBELAJARAN BIOLOGI CACING NYALE MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMAN 5 MATARAM

FENYSIA, ALFIANA (2022) PEMBELAJARAN BIOLOGI CACING NYALE MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMAN 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FENYSIA ALFIANA_E1A018026_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis menjadi tuntutan pembelajaran Abad 21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis tentang materi biologi cacing nyale pada siswa kelas X di sebuah SMA Negeri di Kota Mataram. Sampel dipilih dengan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik model pembelajaran berbasis masalah (PBM), sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah-diskusi). Kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan nilai N-gain yang di uji dengan anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik model PBM tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Dilihat dari perbedaan jenis kelamin, pendekatan saintifik model PBM ternyata berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa perempuan tetapi tidak berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki. Perbedaan perubahan kemampuan berpikir kritis antara siswa perempuan dan laki-laki diduga terjadi karena gaya belajar dan tingkat kecerdasan yang berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Cacing Nyale, Pendekatan Saintifik, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jul 2022 05:30
Last Modified: 07 Jul 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29738

Actions (login required)

View Item View Item