PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 KATENG TAHUN AJARAN 2016/2017

KHALIDA, BAIQ ROHMI (2017) PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 KATENG TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, adalah ketercapaian hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 1 Kateng belum mencapai KKM serta ketuntasan klasikal dari hasil belajar yang belum maksimal, sehingga perlu ada upaya untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode Hypnoteaching. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan metode pengumpulan data, yaitu tes dengan instrumen tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa dan observasi dengan instrumen berupa lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa dan aktivitas guru pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, siklus II, berturut-turut, adalah 74,6 dan 78,75 dengan ketuntasan klasikal 65% dan 90%. Presentase peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I sampai siklus II, adalah 25%. Berdasarkan penelitian ini dapat dinyatakan bahwa dengan menerapkan metode Hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 1 Kateng Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Hypnoteaching, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:45
Last Modified: 23 Apr 2018 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item