ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN RPP BERBASIS HOTS DI KELAS RENDAH SDN 4 PRAYA

FARIDA, SURIANI (2022) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN RPP BERBASIS HOTS DI KELAS RENDAH SDN 4 PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FARIDA SURIANI (E1E017040) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya kesulitan yang dihadapi guru dalam mengembangkan RPP berbasis HOTS karena keberhasilan suatu pembelajaran dipengaruhi oleh kualitas perencanaan yang dirancang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi guru dalam mengembangkan RPP ber basis HOTS, faktor penyebab kesulitan guru dan solusi untuk mengatasi kesulitan guru dalam mengembangkan RPP berbasis HOTS di kelas rendah SDN 4 Praya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif naratif, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang/informan dan data tertulis. Teknik analisis data yang digunakan meliputi Data Collection (koleksi data), Data Condensation (kondensasi data), Data Display (penyajian data), dan Conclusing Drawing/verification. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan uji keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas dan uji dependebilitas. Berdasarkan hasil penelitian guru mengalami kesulitan mengembangkan beberapa komponen yakni : merumuskan indikator pencapaian kompetensi, mengembangkan uraian materi, menentukan model dan metode pembelajaran, menentukan media pembelajaran dan, instrumen penelitian. Adanya kesulitan tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa factor yakni kemampuan guru dalam mengembangkan RPP, waktu yang terbatas, dan karakteristik peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kesulitan Guru, RPP, HOTS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jul 2022 05:30
Last Modified: 07 Jul 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29741

Actions (login required)

View Item View Item