PERAN PEMBIMBING KEMASYARAKATAN DALAM MENDAMPINGI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (Studi di Balai Pemasyarakatan Kelas II Mataram)

YUSRI, YUSRI (2022) PERAN PEMBIMBING KEMASYARAKATAN DALAM MENDAMPINGI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (Studi di Balai Pemasyarakatan Kelas II Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUSRI_E1B018089_PPKn FKIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembimbing Kemasyarakatan menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) pada Pasal 1 ayat (13) adalah pejabat fungsional penegak hukum yang melaksanakan penelitian kemasyarakatan, pembimbingan, pengawasan, dan pendampingan terhadap anak di dalam dan di luar proses peradilan pidana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pembimbing Kemasyarakatan dalam mendampingi Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum di Balai Pemasyarakatan Klas II Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Pembimbing Kemasyarakatan. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Pembimbing Kemasyarakatan dalam melakukan pendampingan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum terdiri dari pendampingan pada tahap penyidikan, tahap penuntutan, tahap persidangan, dan sesusah persidangan. Adapun faktor internal yang mempengaruhi Pembimbing Kemasyarakatan dalam mendampingi anak yang berhadapan dengan hukum yaitu Sumber Daya Manusia, luas wilayah kerja, dan anggaran dana. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari hubungan kerja sama dengan instansi lain dan koordinasi bersama orang tua/wali dan masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pendampingan, Pembimbing Kemasyarakatan, ABH
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jul 2022 05:30
Last Modified: 07 Jul 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29744

Actions (login required)

View Item View Item